Pages

Senin, 24 Agustus 2009

candle light dinner terdengar romantis, namun beberapa peneliti memperingatkan bahwa hal tersebut dapat mengganggu kesehatan.

seorang pakar dari Universitas South Carolina menganalisa uap pada lilin yang dibakar dalam sebuah tes laboratorium.

mereka menemukan lilin paraffin wax mengeluarkan uap berbahaya yang dapat menyebabkan kanker paru-paru dan asma, namun hal tersebut perlu waktu beberapa tahun.

seoarang ahli dari Inggris mengatakan bahwa merokok, kegemukan dan alkohol lebih berdampak pada perkembangan kanker.

meskipun, para peneliti mengatakan untuk tidak terlalu khawatir akan dampak lilin, namun kepala peneliti, Amid Hamidi mengatakan bahwa orang-orang yang sering menggunakan lilin, misalnya untuk membantu relaks di kamar mandi atau membuat suasana yang tepat saat dinner, lebih beresiko.

dia mengatakan kepada American Chemical Society di Washington: pemakaian lilin parafin sekali waktu dan emisinya tidak akan berpengaruh banyak terhadap kesehatan. namun pemakaian lilin parafin setiap hari selama bertahun-tahun atau menyalakannya di kamar mandi yang tidak berventilasi di seputar tub dapat menyebabkan masalah.

untuk menginvestigasi emisi lilin, para peneliti membakar sejumlah lilin di laboratorium dan mengumpulkan campuran kandungan yang ada di dalamnya.

Lilin parafin menghasilkan partikel tajam, yang diakibatkan pembakaran lilin tidak menghasilkan temperatur yang cukup tinggi untuk menyisir molekul berbahaya seperti toluene dan benzene.

para ilmuwan menyarankan untuk mengganti bahan lilin dari madu atau kedelai, yang tidak mengeluarkan banyak zat kimia.

Fakta

Dr Joanna Owens, dari Cancer Research UK, mengatakan bahwa tidak ada bukti langsung tentang penggunaan lilin setiap hari yang dapat menyebabkan resiko kanker.

dalam kaitannya dengan kanker, yang signifikan menjadi pemicu adalah polusi udara di dalam ruangan dan kedua adalah asap rokok.
ketika berbicara tentang resiko kanker, penting untuk fokus pada hal-hal yang sudah terbukti dengan jelas.
faktor gaya hidup, sperti merokok, alkohol, kegemukan, diet yang tidak sehat lebih berpotensi menyebabkan kanker.

Dr Noemi Eiser, Direktur Medis di British Lung Foundation, menambahkan bahwa pemakaian lilin parafin sesekali tidak menyebabkan resiko terhadap kesehatan jantung.Namun dia menambhkan, bahwa masyarakat harus tetap berhati-hati, seperti membakar lilin di ruangan yang berventilasi.

0 comments:

Posting Komentar