Pages

Selasa, 04 Januari 2011


"Very huge." itu komentar saya ketika melihat Angkor Wat. Bagaimana tidak, kompleks Angkor Wat plus hutan-hutan di sekelilingnya luasnya sekitar 400 km2. Beruntunglah, ada tuk-tuk yang menemani, jadi tidak terasa lelahnya mengitari kompleks Angkor Wat. Untuk lebih murahnya, bisa menyewa sepeda dari penginapan ke Angkor Wat (USD 2-3/ hari), kurang lebih 20 menit.

Biaya masuk Angkor Wat cukup mahal, untuk 1 hari USD 20, 3 hari USD 40 dan seminggu USD 60. Saya ambil tour 1 hari. Tiketnya cukup unik karena terpampang foto pengunjung di sana. Ya, sebelumnya harus berfoto dahulu untuk diprint di tiket, so siap-siap bergaya, hehehe.

Angkor Wat yang dibangun pada awal abad XII tersebut didedikasikan pada Raja Suryavarman II dan memiliki gaya Khmer. Ada lebih dari 100 temple di lokasi ini, karena hanya mengambil paket 1 hari, maka saya hanya berkunjung ke temple yang besar dan terkenal saja. Temple yang saya kunjungi adalah (tentu saja) angkor wat, the bayon, ta phrom, elephant terrace. Kalau menurut saya sih, 1 hari juga sudah cukup melihat-lihat Angkor Wat, namun tentu saja ini sangat subjektif.


Angkor Wat mungkin adalah temple terbesar se-Asia. Pada tahun 1992, UNESCO mendeklarasikan Angkor Archaeological Park sebagai world heritage site. Jangan lupa, sempatkan ke Ta Phrom, yang menjadi scene Angelina Jolie's Tomb Raider. Lokasi Ta Phrom tampak seperti hutan-hutan. Dan menariknya adalah akar-akar pohon yang berada di sekitar temple tersebut, yang seakan menunjukkan bagaimana alam menunjukkan eksistensinya.


Membicarakan Angkor Wat, tidak lepas dari anak-anak yang berada di sana. Banyak sekali anak-anak yang mengumpulkan dollar di kawasan ini. Entah menjajakan gelang, t-shirt atau souvenir lainnya. Tidak hanya itu saja, karena di sekitar Angkor Wat banyak rumah-rumah penduduk, tidak jarang anak-anak tersebut berada di lokasi Angkor Wat.

0 comments:

Posting Komentar